Dengan majunya Teknologi Informasi adalah hal yang tidak bisa kita
hindari, hal tersebut semakin berkembang dengan perkembangan zaman. Ada pun
dampak negatif yang di timbulkan oleh kemajuan Teknologi Informasi pada warga
negara indonesia, khususnya pada kalangan remaja indonesia, hanya banyak menggunakan
teknologi sebagai jaringan sosial, sudah kita ketahui, banyak aplikasi yang
mempermudah untuk bersosialisasi.
Berikut pengaruh positive dan negative perkembangan IT :
(1) Pengaruh Positif
Pengaruh positif kemajuan iptek sebagai berikut:
(a) Meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat.
(b) Terpenuhi kebutuhan hidup manusia.
(c) Berkembangnya pemikiran rasional.
(d) Adanya pola hidup serba praktis.
(e) Memudahkan dalam berinteraksi sosial dan berkomunikasi.
Pengaruh positif kemajuan iptek sebagai berikut:
(a) Meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat.
(b) Terpenuhi kebutuhan hidup manusia.
(c) Berkembangnya pemikiran rasional.
(d) Adanya pola hidup serba praktis.
(e) Memudahkan dalam berinteraksi sosial dan berkomunikasi.
(2) Pengaruh Negatif
Pengaruh negatif kemajuan iptek sebagai berikut:
(a) Adanya perubahan tata nilai kehidupan masyarakat.
(b) Adanya kesenjangan sosial.
(c) Rusaknya lingkungan alam.
(d) Adanya kekhawatiran terhadap senjata kimia dan nuklir.
(e) Meningkatnya kenakalan remaja dan kriminalitas.
Pengaruh negatif kemajuan iptek sebagai berikut:
(a) Adanya perubahan tata nilai kehidupan masyarakat.
(b) Adanya kesenjangan sosial.
(c) Rusaknya lingkungan alam.
(d) Adanya kekhawatiran terhadap senjata kimia dan nuklir.
(e) Meningkatnya kenakalan remaja dan kriminalitas.
Budaya indonesia yang
dulunya ramah tamah, gotong royong dan royalitas dalam menciptakan kesatuan
bangnsa,mengakibatkan kenakalan pada kaum remaja pada saat ini seperti
perkelahian,tauran,coret coret tembok, dan tidak hanya pada kaum muda, banyak
kaum kalangan atas, menggunakan teknologi informasi dalam berbisnis yang
negatif, seperti bisnis narkoba dan semacamnya. Bergantinya kebiasaan remaja pada
masa masa ini, sudah banyak warnet warnet yang membuat kaum muda bangsa kita,
mempengaruhi untuk pergi ke warnet dari pada sekolah dan ke masjid hanya untuk
bermain game dan bersosialisasi di internet. Kita hidup didunia ini bukan hanya
untuk bersosialisai kepada teman,kerabat,pacar,ataupun orang yang baru kita
kenal melalui aplikasi seperti twitter, facebook dll.
Sudah semestinya kita sebagai generasi penerus bangsa harus lebih bijak dalam mengikuti perkembangan IT ini.
Sekian terimah kasih.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar