Dalam dunia penerbangan, kata Black Box sudah tidak asing
lagi kita dengar, Kotak hitam atau black box adalah
sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi -
umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data
recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice
recorder; CVR) dalampesawat terbang.
Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan
antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air
traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan
udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan
kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam tetapi
berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan
pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.
Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan.
Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat
dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.
Bagian Black Box
FDR (Flight Data Recorder) berisi parameter yg berhubungan dengan
semua teknis penerbangan yang dipantau melalui beberapa sensor utk mengetahui
parameter berikut diantaranya :
1. Acceleration
2. Airspeed
3. Altitude
4. Flap Settings
5. Outside Air Temperature
6. Cabin Temperature and Pressure
7. Engine Performanc
CVR/VDR(Cockpit Voicer Recorder / Voice Data Recorder) berisi tentang semua rekaman suara antara pilot,
co pilot dan semua kru penerbangan serta suara mesin, suara lainnya yg berada
di dalam cockpit.Dalam perkembangannya. FDR dan CVR tidak lagi menggunakan
magnetic tape sebagai media penyimpanan informasinya melainkan dengan
menggunakan Microchip Solid State. Hal ini dikarenakan beberapa keunggulan
dibandingkan dengan magnetic tape diantaranya :
1. Solid state mampu merekam data FDR sekitar 700
parameter, sedangkan magnetic tape hanya sekitar 100 parameter.
2. solid state mampu merekam data CVR selama 2
jam/siklus, sedangkan magnetic tape hanya mampu 30 menit/siklus.
Untuk dapat dianalisis, data dan FDR dan CVR dibaca dengan mengguna-kan
peralatan dan piranti lunak khusus. Di Amerika Serikat, hal ini dilakukan di
laboratorium badan keselamatan transportasi nasional (National Transportation
Safety Board/NTSB), yang memperoleh Read Out System dan Software dan pembuat
Black Box. Proses ini dapat memakan waktu mingguan bahkan berbulan-bulan. Hasil
analysis dan Black Box bukanlah satu-satunya sumber untuk dapat menyimpulkan
penyebab suatu kece-lakaan. Para penyelidik di Indonesia yang dilaksa-nakan
oleh Komite Nasional Keselamatan Trans-portasi (KNKT) harus menggabungkan dan
mengsin-kronisasikannya dengan berbagai macam temuan lainnya untuk dapat
menyimpulkan secara utuh dan komprehensif Badan Otoritas Penerbangan Amerika
Serikat,
Federal Aviation Administration (FAA) mewajibkan pesawat terbang komersial
merekam sedikitnya 11 hingga 29 parameter, tergantung dari ukuran pesawat yang
kemudian aturan ini diperbaharui pada tanggal 17 Juli 1997. Pesawat yang dibuat
sesudah tanggal 19 Agustus 2002 diwajibkan untuk memiliki Black Box untuk
merekam sedikitnya 88 parameter. Semua pesawat komersial berbadan besar dan
pesawat komersial yang lebih kecil atau milik korporasi (perusahaan), serta
pesawat pribadi diwajibkan oleh hukum untuk membawa satu atau kedua kotak-kotak
ini.
Black Box sendiri juga tahan terhadap suhu yang tinggi sampai 1.100 C. Crash
Survivable Memory Unit (CSMU) berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi
termal baju besi dan baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya
gravitasi dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki (4,270
m-6.096 m).Selain itu untuk memudahkan pencarian posisi (terutama pencarian di
bawah air) atau black box pesawat, dilengkapi pula underwater locator beacon
yang kerjanya adalah terus-menerus memancarkan perekam ultrasonik dan Sinyal
dapat mencapai permukaan dari kedalaman 14.000ft. Desain modern kotak hitam
diatur oleh sebuah kelompok yang disebut International Civil Aviation
Organization (ICAO).
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kotak_hitam
http://masdodon.blog.com/tulisan-bebas/mengenal-kotak-hitam-pesawat/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar